Lifestyle

Cara Mudah Mengatasi Hidung Alergi

Cara Mudah Mengatasi Hidung Alergi

Masalah alergi hidung gatal terkadang sangat mengganggu karena bisa terjadi setiap saat dan sering kali disertai dengan bersin bahkan mata berair. Umumnya kondisi tersebut adalah tanda-tanda rinitis alergi, infeksi virus influenza, radang mukosa hidung, dll. Apapun penyebabnya, berikut ini beberapa metode sederhana untuk menghilangkan hidung gatal.

Pilih satu atau beberapa cara berikut untuk mencegah hidung Anda gatal lagi:

  1. Teteskan Larutan Salin

Selain efektif dalam meredakan alergi hidung, teknik irigasi hidung atau mencuci hidung melalui pemberian air garam juga dapat membantu mengatasi peradangan dan hidung tersumbat. Cara penggunaannya pun mudah.

Pertama, miringkan kepala sedikit ke belakang pada sudut 45 °. Selanjutnya, tarik napas dan masukkan 2-3 tetes garam yang sudah dibeli ke dalam setiap lubang hidung. Tahan posisi tersebut selama beberapa detik dan bernapaslah untuk pertama kalinya melalui mulut. Kemudian buang napas perlahan-lahan setelahnya untuk menghilangkan larutan yang tersisa.

  1. Oleskan Pelumas Berbasis Air

Menerapkan gel atau pelumas berbahan dasar air ke lubang hidung Anda dapat meredakan hidung yang kering dan teriritasi untuk sementara waktu. Tuang sedikit gel pada kapas, lalu oleskan tipis-tipis pada lubang hidung yang terinfeksi atau gatal. Ulangi 2-3 kali sehari. Jangan menggunakan pelumas dengan bahan dasar minyak seperti petroleum jelly

  1. Gunakan Dekongestan Semprot

Penggunaan dekongestan yang mengandung oximetazolin dalam bentuk semprot mudah dan efektif membantu mengatasi masalah hidung gatal yang dipicu oleh berbagai penyebab. Jika perlu, bisa juga dikombinasikan dengan antihistamin.

Untuk pemakaiannya, semprotan dekongestan ini bisa digunakan 2 kali sehari, setiap 10-12 jam sekali. Disarankan tidak menggunakannya sering-sering dan lebih dari 3 hari berturut-turut.

  1. Hirup Uap Hangat

Cara lain untuk menghilangkan hidung gatal yang patut dicoba adalah dengan cara menghirup uap. Dengan mencelupkannya langsung ke dalam air hangat atau menghirup uap air panas ke dalam wadah mirip baskom.

Uap yang terhirup dan masuk ke saluran udara dapat meningkatkan aktivitas mukosa hidung dan meningkatkan transportasi udara dari mulut ke trakea atas dan bronkus. Dengan begini, pernafasan akan lebih mudah, gangguan hidung gatal akan teratasi dan hidung tersumbat dapat diatasi.

  1. Pijat Sinus

Pijat refleksi pada area sinus mudah dilakukan dan cukup efektif membantu meredakan gejala sinus seperti hidung gatal dan hidung tersumbat. Tekan titik di antara alis dan pangkal hidung. Kemudian pijat dengan lembut selama beberapa menit. Ulangi secara berkala setiap hari

  1. Aplikasikan Kompres Hangat

Keluhan hidung gatal, mampet atau berair bisa diatasi dengan menggunakan kompres hangat. Siapkan handuk dan baskom berisi air hangat. Basahi handuk dengan air hangat. Peras hingga cukup kering. Kemudian letakkan di dahi untuk menutupi mata dan hidung. Oleskan 2-3 kali sehari.

Beberapa hal lain yang perlu diperhatikan

Selain cara di atas, ada beberapa hal lain yang perlu diperhatikan untuk membantu meredakan hidung gatal, yaitu:

  • Minimalkan paparan asap, termasuk asap rokok dan polutan lainnya.
  • Pastikan tubuh Anda selalu terhidrasi dengan minum cukup air.
  • Basuh hidung minimal 3 kali sehari agar saluran hidung tidak mengering dan tersumbat.
  • Gunakan pembersih udara atau pelembab udara untuk membersihkan dan meningkatkan kelembapan.

Terakhir, temui dokter Anda untuk mengetahui penyebab sebenarnya dari hidung gatal. Jika itu terjadi karena alergi hidung, hindari pemicunya dan selalu bersihkan disekitar rumah terutama dari debu, bulu hewan peliharaan, jamur dan sejenisnya, Agar lebih jelas mengenai hal ini Anda bisa mencari referensinya ke Orami Magazine yang membahas mengenai alergi.