Parenting

4 Tips Memilih Susu Formula untuk Anak Usia 1 Hingga 3 Tahun

4 Tips Memilih Susu Formula untuk Anak Usia 1 Hingga 3 Tahun

Saat anak sudah melewati usia 1 tahun, maka kandungan dalam ASI tidak lagi cukup memenuhi asupannya. Oleh sebab itu, Anda perlu menambahkan makanan tambahan dan memberikan susu formula Frisian Flag sebagai pelengkap nutrisi si kecil.

Akan tetapi, tidak boleh sembarangan dalam memilih nutrisi tambahan untuk si kecil. Sebab nutrisi tambahan ini akan sangat berpengaruh pada tumbuh kembang si kecil. Agar dapat dilakukan memilih susu formula dengan tepat, silakan simak uraian berikut.

Memilihkan Susu Formula untuk Anak 1-3 Tahun

Tahukah Anda bahwa apa yang dikonsumsi anak sejak lahir hingga berusia 5 tahun akan sangat berpengaruh pada tumbuh kembang dan efeknya akan bertahan hingga dewasa. Memilih susu formula yang tepat dan bernutrisi lengkap akan sangat mendukung pertumbuhan anak. Ini dia cara yang dapat Anda lakukan:

1.     Memberikan Susu Sesuai Usia Anak

Setiap anak perlu diberikan asupan susu formula sesuai usianya. Dalam setiap kemasan susu formula sudah terdapat cara penggunaan dan usia yang sesuai untuk mengonsumsinya. Anda harus membaca semua keterangan tersebut agar bisa mengetahui cara penggunaan yang tepat.

2.     Pilih Rasa yang Disukai Oleh Anak

Memilih susu formula yang rasanya disukai oleh anak sangat penting. Karena anak akan lebih senang mengonsumsi makanan atau minuman yang disukainya. Setiap anak juga memiliki rasa favorit masing-masing. Jadi, pilihkan susu formula sesuai rasa yang disukai si kecil.

Frisian Flag memiliki berbagai variasi rasa yang akan sangat disukai anak, seperti vanila, coklat, stroberi, dan madu. Anda bisa mencoba memberikan beberapa rasa pada awalnya dan membiarkan anak memilih rasa yang disukainya.

3.     Mengetahui Nutrisi yang Terkandung dalam Susu Formula

Selain rasa, nutrisi juga perlu Anda perhatikan. Semua nutrisi yang terkandung biasanya tertera lengkap di bagian kemasan susu formula sehingga bisa mengetahuinya dengan jelas.

Pastikan untuk menyediakan waktu untuk membaca keterangan nutrisi ini sebelum membeli produk susu formula. Lalu pastikan nutrisi yang terkandung di dalamnya memang sesuai dengan pertumbuhan fisik dan otak si kecil.

4.     Pastikan Susu Formula Mengandung Asam Lemak Esensial

Salah satu kandungan nutrisi yang penting untuk si kecil pada usia 1 hingga 3 tahun adalah asam lemak, seperti DHA dan Omega 3. Kedua nutrisi ini biasanya terdapat pada ikan, minyak ikan, atau biji rami.

Karena fungsi DHA dan Omega 3 sangat bagus untuk memelihara fungsi otak dan meningkatkan kemampuan belajar, pastikan bahwa susu formula pilihan Anda mengandung keduanya.

Nah, itu dia beberapa cara dalam memilih susu formula untuk anak Anda. Selain memperhatikan asupan makanan, Anda juga perlu memberikan mainan edukasi yang dapat membantu perkembangan motorik anak. Mainan ini bisa dibeli di toko perlengkapan bayi.

Kombinasi antara asupan nutrisi dan rangsangan melalui mainan dapat meningkatkan kecerdasan anak sekaligus menjaga perkembangan fisiknya. Berikan susu formula Frisian Flag dengan berbagai rasa yang disukai si kecil.